SDM Tak Kompeten

Table of Contents

SDM Tak Kompeten

SDM Tak Kompeten

SDM Tak Kompeten

Penyebab kelima adalah sumber daya manusia (SDM) yang tidak kompeten. Sebagai lembaga keuangan, KSP tidak boleh dikelola oleh sembarang orang. Pengurus atau orang yang bekerja di KSP harus orang-orang yang kompeten di bidang simpan-pinjam. Dan itu harus disiapkan sejak KSP tersebut berdiri.

Namun, fakta di lapangan yang terjadi, selama ini adalah sebagian besar KSP hanya memiliki SDM yang pas-pasan atau di bawah standar. Aibatnya, pengelolanya akan banyak terjadi penyimpangan, kesalahan, dan tidak mampu menyelesaikan masalah. Dari sisi administrasi, mereka umumnya mencampur aduk fungsi-fungsi pencatatan, penyimpanan, survei, analisis, dan pengambilan keputusan.

Akibat tak tertibnya administrasi itu, kondisi KSP akan runyam, dan permasalahan-permasalahan akan terus timbul. Permasalahan itu di antaranya kekurangan dana, kredit macet, biaya membengkak, dan akhirnya runtuhlah KSP tersebut. Karena itu, pengurus perlu menerapkan standar kompetensi bagi para pengelola KSP yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat kompetensi.
Di samping itu, karena KSP mengelola usaha di sektor moneter yang penuh risiko maka sudah selayaknyalah perlu diterapkan adanya fit and proper test kepada pengurus KSP. Hal ini sangat penting, mengingat selama ini banyak oknum yang memanfaatkan KSP sebagai alat bisnis keuangan dengan kedok badan hukum koperasi. �Dengan adanya fit and proper test diharapkan dapat mencegah orang jahat berkiprah di KSP,� tegasnya.
adv

Baca Juga :