Penilaian dan Penghargaan

Table of Contents

Penilaian dan Penghargaan

Penilaian dan Penghargaan

Penilaian dan Penghargaan :

  1. Didasarkan pada keterlibatan anak secara penuh dalam pembelajaran.
  2. Kemampuan anak memaknai teks dan aplikasi pada konteks kehidupan sehari-hari.
  3. Dimaksudkan agar tumbuh motivasi dankesadaran secara internal untuk terus belajar.
  4. Pemberian penghargaan atas keberhasilan-keberhasilan murid dalam melaksanakan tugas, yang akan mendorong mereka terus berusaha mengembangkan diri.
  5. Pemberian penghargaan disertai dengan pengertian bahwa yang paling penting dan berarti adalah keberhasilan proses belajar dari murid sendiridan kesadaran bahwa keberhasilan itu sendiri merupakan suatu bentuk penghargaan terhadap diri sendiri.
  6. Lingkungan :
  7. Lingkungan sekolah, dengan kebijakan sekolah yang dapat menampung /menerima anak-anak dengan gangguan perilaku, merupakan bentuk penghargaan pada anakyang masih membutuhkan sarana untuk belajar.
  8. Lingkungan sekolah yang cukup besar dengan sarana yang memadai, dan kurikulum yang tepat dan memberikan ”kebebasan” anak untuk mengembangkan dirinya, akan memberi ruang bagi anak untuk mengekspresikan diri.

Perlu disadari bahwa perubahan yang mendasar memerlukan adanya penentuan standar, assessmen kelas dan integrasi kurikulum (Andy, H,. et.al., 2001). Proses-proses perubahan membutuhkan the intellectual work of change, the emotional work of change dan supporting and sustaining changemenuju learning change.

Oleh karena itu, keselarasan seluruh komponen pembelajaran dalam mendukung proses pengembangan dan aktualisasi diri anak, sangat diperlukan.

Sumber : https://aziritt.net/