Pengertian Sistem operasi (OPERATING SYSTEM )

Pengertian Sistem operasi (OPERATING SYSTEM )

Pengertian Sistem operasi

Sistem Operasi komputer

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia, atau bias dibilang kalau Sistem operasi adalah landasan untuk aplikasi diatasnya. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS. Menurut “William Stalling”, system operasi adlah program yang menutup detail hardware yang rumit kepada programmer dan menyediakan antarmuka yang lebih mudah bagi programmers untuk mengakses hardware dalam mengembangkan sebuah program. Dengan kata lain, Sistem Operasi menjadi penghubung antara softwere aplikasi komputer dengan hardwere, sehingga softwere aplikasi tersebut dapat mengakses hardwere dengan baik.

Sistem Operasi komputer

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan.

Pengertian system operasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Berikut uraiannya:

1. Pengguna

System operasi merupakan alat untuk mempermudah pengguna computer. System ini dirancang dengan mengutamakan kemudahan pengguna.

2. System

System dirancang sebagai alat yang dapat menempatkaan sumber daya secara efisien ( resource allocator ). System operasi merupakan pengatur sumber daya secara efisien serta eksekusi aplikasi dan operasi dari alat I/O. system operasi merupakan bagian dari program yang setiap saat, yang disebut KARNEL.

3. Tujuan Sistem

Sitem operasi sebagai alat yang membuat computer lebih nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna.

Contoh Sistem Operasi Komputer

Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/