Mekanisme Pasar Dan Kebijakannya Lengkap

Mekanisme Pasar Dan Kebijakannya Lengkap

Mekanisme Pasar

Mekanisme Pasar

Mekanisme pasar adalah suatu mekanisme dimana perekonomian suatu negara diserahkan sepenuhnya kepada pasar, dengan kata lain tidak adanya campur tangan dari pemerintah. Mekanisme pasar pada dasarnya adalah pihak swasta diberikan kebebasan untuk mengelola faktor-faktor produksinya secara efektif dan efisien. Disini timbulah kepentingan untuk memaksimalkan profit untuk menaikan pendapatan mereka, ini dapat dipahami karena setiap orang pada dasarnya selalu ingin mendapatkan kesejahteraan. Dengan meningkatnya kesejahteraan, maka daya beli seseorang akan meningkat, dengan demikian konsumsinya akan meningkat dan taraf hidupnya juga akan meningkat.Namun mekanisme pasar ini sangat rentan dengan apa yang disebut kegagalan pasar. Kegagalan pasar ini adalah dimana suatu mekanisme pasar, yang tadinya bertujuan agar setiap orang mampu meningkatkan kesejahteraannya pada kenyataannya malah membuat pendapatan masyarakat menurun. Kegagalan pasar dapat terjadi karena adanya benturan kepentingan akan tiap orang yang mengejar kesejahteraan mereka tadi, 3 fungsi utama pasar :
1. Mempertemukan pembeli dan penjual
2. Memfasilitasi pertukaran informasi,barang, jasa dan berbagai pembayaran melalui transaksi pasar
3. Menyediakan infrastruktur institusional
Mekanisme pasar memang sebuah rumus ajaib dalam menciptakan kestabilan ekonomi suatu bangsa bahkan perekonomian dunia, dengan syarat pemerintah jangan ikut campur dalam aktivitas perekonomian, itu menurut Adam Smith, sebab melalui mekanisme pasar cenderung akan tercipta struktur pasar persaingan sempurna, yang mencerminkan kekuatan konsumen sebanding dengan kekuatan produsen, hal ini berarti praktek monopoli perdagangan relatif dapat dihindari. Disamping hilangnya monopoli perdagangan, juga dapat meningkatkan efisiensi dalam perekonomian, sebab tangan-tangan pemerintah tidak ikut campur berebut mendulang profit, atau berebut merekayasa komoditas publik menjadi berharga pasar.Keajaiban mekanisme pasar tersebut di atas, membuat politikus untuk mempergunakannya, sebab politik sama dengan komoditas yang memiliki harga serta ekspektasi keuntungan di dalamnya.

Kebijakan Bahan Bakar Minyak di Indonesia 

Di Indonesia BBM (bahan bakar minyak) mempunyai suatu kebijakan tertentu dimana BBM yang biasa digunakan di Negara Indonesia memiliki aturan dari jenis tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Kebijakan dari jenis BBM yang digunakan adalah jenis bahan bakar (fuel) yang dihasilkan dari pengilangan (refining) minyak mentah (crude oil). Minyak mentah dari perut bumi diolah dalam pengilangan (refinery) terlebih dulu untuk menghasilkan produk-produk minyak (oil products), yang termasuk di dalamnya adalah BBM. Selain menghasilkan BBM, pengilangan minyak mentah menghasilkan berbagai produk lain terdiri dari gas, hingga ke produk-produk seperti naphta, light sulfur wax residue (LSWR) dan aspal. BBM seperti didefinisikan oleh pemerintah Indonesia di atas untuk keperluan pengaturan harga dan subsidi sekarang mempunyai suatu kebijakan meliputi: (i) bensin (premium gasoline), (ii) solar (IDO & ADO: industrial diesel oil & automotive diesel oil), (iii) minyak bakar (FO: fuel oil) serta (iv) minyak tanah (kerosene). Definisi ini merupakan perkembangan dari periode sebelumnya yang masih mencantumkan avgas (aviation gasoline) dan avtur (aviation turbo gasoline, yaitu jenis-jenis bahan bakar yang dipergunakan untuk mesin pesawat terbang, dalam kategori sebagai BBM.