Layanan & Teknologi Telematika

Layanan & Teknologi Telematika

Layanan & Teknologi Telematika

Layanan & Teknologi Telematika

LAYANAN TELEMATIKA

Sebenarnya di sekitar kita ini ada berbagai macam layanan telematika.Entah itu kita sadari atau tidak.

Contoh simpel dari layanan Telematika adalah Dial-Up dari Internet.Jadi jika kita sering berinternet ria, maka dengan kita sadari atau tidak, kita telah menggunakan salah satu Layanan Telematika.
Contoh lain adalah Wireless atau dalam bahasa Indonesianya disebut Nirkabel.

Layanan Telematika tidak hanya kedua contoh di atas tapi masih banyak lagi contoh Layanan Telematika yang mungkin sering kita gunakan atau kita temui.
GPS atau Global Position Service adalah termasuk layanan Telematika juga.Selain itu ada juga laporan kondisi aktual cuaca dan lalulintas menggunakan Satelit, dan masih banyak lagi layanan Telematika yang lainnya.

TEKNOLOGI TELEMATIKA

Test Driving Next Gen Vehicle Driver Communications

Dalam serangkaian AS saat ini radio dan iklan TV, seorang pengendara motor dalam kesulitan menggunakan sistem on-board untuk menghubungi operator, yang menenangkan sopir, titik-titik lokasi mobil, dan mengirimkan bantuan. Teknologi ini dikenal sebagai “telematika” dan perkawinan komunikasi mobile dan komputer. Seorang sopir dapat menghabiskan berjam-jam perjalanan pulang-pergi atau hanya drive keliling kota mengangkut anak-anak, telematika telah meningkatkan hubungan pengemudi mobil untuk tingkat yang baru

Dalam dunia otomotif, telematika telah datang berarti pertukaran suara dan data di antara kendaraan, aplikasi jaringan, dan driver. Sistem telematika juga digunakan untuk pemecahan masalah, navigasi, dan menemukan kehilangan kendaraan.

Telcordia insinyur yang bekerja di telematika bergerak ke tingkat berikutnya – end-to-end sistem telematika. Ada yang disebut Telcordia Layanan Telematika Platform. Tidak seperti solusi lain, Telcordia platform baru menggunakan tingkat yang lebih tinggi dari sistem terbuka dengan otomatis, flowthrough fungsionalitas yang memotong waktu, biaya, dan kesalahan manusia yang terlibat dalam pelayanan menciptakan dan mengelola dunia jaringan paling kompleks. Platform ini memiliki dua komponen dasar.

Komponen pertama, yang Telcordia Telematika Server, tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menghubungi langsung membantu, tapi juga mendukung do-it-yourself layanan dan diagnosa, pemantauan dan pelaporan secara otomatis pada performa kendaraan dan kesalahan. Terkunci di luar? Hanya menggunakan PDA atau Web-enabled ponsel untuk “panggilan” mobil Anda dan membuka kunci pintu. Dan jangan khawatir, sebelum membuka kunci mobil, server memastikan mobil tidak bergerak dan mesin dimatikan.

Server juga mempertahankan pengguna dan profil kendaraan; mengotentikasi kendaraan, pengguna, dan aplikasi pihak ketiga penyedia; dan cepat, intuitive kemampuan penciptaan aplikasi. Hilang adalah kebutuhan untuk GUI canggih di dalam kendaraan. Driver dan manajer armada hanya menggunakan ponsel, PDA, atau rumah / kantor komputer untuk mengakses server dari mana saja. Ini sangat terukur, dapat diandalkan, dan, terbaik dari semua, dilengkapi dengan antarmuka terbuka. Itu berarti, selalu siap untuk aplikasi baru termasuk yang berasal dari pihak ketiga. Jadi, sebelum meninggalkan kantor, sibuk eksekutif dapat log on ke PC mereka dan memilih lagu MP3 yang ingin mereka mendengarkan selama jam-jam sibuk pulang-pergi.

Komponen kedua adalah Unit On-Board, sebuah perangkat di dalam kendaraan yang disediakan oleh pemasok peralatan otomotif. Unit ini berkomunikasi dengan server di jaringan heterogen, termasuk WiFi, sistem selular, dan jaringan mesh. Ini mengambil informasi kendaraan, mengirimkannya ke server, dan menjalankan perintah dari server atau di dalam kendaraan antarmuka manusia-mesin. Dengan hanya satu panggilan, ibu yang sibuk dapat membuka pintu mobilnya, menghidupkan mesin, mendinginkan interior mobil, dan bermain tim anaknya lagu.

Bayangkan tidak lebih memalukan panggilan dan jalan panjang menunggu bantuan untuk datang dan mengambil kunci yang terkunci di dalam mobil. Dengan menggunakan ponsel atau komputer, driver dapat membuka pintu atau periksa bahwa jendela mobil mereka tertutup. Mereka kemudian dapat menggunakan browser standar untuk log on ke server, jadwal program radio, atau podcast, dan, ketika mereka berada di belakang kemudi, mereka “infotainment” download secara otomatis dan bermain melalui radio. Tentu saja, jika ada masalah mobil, pinggir jalan mereka dapat memanggil bantuan, melacak kendaraan yang hilang, dan melakukan diagnosa tanpa menunggu laporan dari penyedia telematika mereka.

Singkatnya, ada generasi sistem telematika datang yang akan membuat harganya terjangkau bagi lebih banyak orang untuk berhubungan dengan kendaraan mereka mereka sendiri dengan perangkat yang mereka gunakan sehari-hari – meningkatkan keselamatan mengemudi, kenyamanan, dan kesenangan. Dan sekarang hampir di jalan berkat perusahaan otomotif besar, yang bekerja dengan Telcordia pada fitur-fitur untuk sistem prototipe dan menyediakan kendaraan untuk menunjukkan hal itu.

Sumber : https://newsinfilm.com/seva-mobil-bekas/