Istilah autisme

Table of Contents

Istilah autisme

Istilah autisme

Istilah autisme berasal dari kata “Autos” yang berarti diri sendiri “Isme” yang berarti suatu aliran.  Berarti suatu paham yang tertarik hanya pada dunianya sendiri. autisme adalah suatu keadaan dimana anak berbuat semaunya sendiri, baik cara berfikir maupun berperilaku. Keadaan ini biasanya mulai terjadi sejak usia masih muda, biasanya sekitar usia 2-3 tahun.

autisme bukanlah suatu gejala penyakit tetapi lebih merupakan sindroma (kumpulan gejala) dimana terjadi penyimpangan perkembangansosial, kemampuan bernahasa, dan kepedulian terhadap sekitar, sehingga anak autisme hidup dalam dunianya sendiri dengan kata lain, pada anak autisme terjadi gangguan emosi, intelektual, dan kemauan (gangguan pervasif). Oleh karena itu kumpulan sindroma autisme ini sering disebut Autistik Sydrome Disorder (autisme). autisme adalah suatuperkembangan yang kompleks menyangkut komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinasi. Gejalanya mulai tampak sebelum anak berusia 3 tahun. Bahkan pada autisme infantil gejalanya sudah ada sejak lahir. Gejala bervariasi beratnya pada setiap kasus tergantung pada umur, in, intelegensia, pengaruh obat, dan beberapa kebiasaan pribadi lainnya

Diperkirakan 75%-80% penyandang autis ini mempunyai retardasi mental, sedangkan 20% dari mereka mempunyai kemampuan yang cukup tinggi untuk bidang-bidang tertentu (savant) Anak penyandang autisme mempunyai masalah/  dalam bidang : Komunikasi, interaksi sosial, sensoris, pola bermain, perilaku, dan emosi

Pada pemeriksaan status mental, ditmukan kurangnya orientasi lingkungan, rendahnya ingatan, meskipun terhadap kejadian yang baru, dengan demikian kepedulian terhadap sekitar sangat kurang. Anak autisme biasanya berbicara cepat-cepat tapi tanpa arti, bahkan terkadang juga diikuti dengan suara yang tidak jelas. Kebanyakan intelegensia anak dengan autisme ini rendah (Yatim, 2003). Namundemikian 20% dari anak autisme masih mempunyai IQ>70.

Autisme menimpa seluruh bangsa, ras, serta tingkatan sosial. Hanya sering terdapat pada anak laki-laki (Kaplan&Sadock, 1998), bisa sampai 3-4 kali dibanding anak perempuan, mungkin ada hubungannya dengan genetik. Sebagian besar penderita autisme biasanya mengalami gangguan brbahasa.

Sumber : https://andyouandi.net/