IOS8 dan Teknologi NFC pada Iphone 6

IOS8 dan Teknologi NFC pada Iphone 6

 

IOS8 dana Teknologi NFC pada Iphone 6

IOS8 dana Teknologi NFC pada Iphone 6

Iphone 6 digadang- gadang akan menjadi seri pertama dari iphone yang memiliki teknologi NFC (Near Field

Communication) memungkinkan devices untuk PDKT satu sama lain. Mungkin terkesan terlambat karena android sudah pernah menanamkan teknologi ini pada Samsung Nexus S tertanam chip Philips NXP ber OS Jahe dan Windows phone 7.5 pada produk N9, nokia 700. Kala itu tahun 2011 iphone sedang mempersiapkan Iphone 5 namun ternyata tidak juga di sematkan teknologi NFC, tahukan alasannya? kata Apple Senior VP Phil Schiller ‘konsumen belum butuh teknologi NFC *saat itu.. #songong hih.

Apple Senior VP Phil Schiller said that Passbook alone does what most customers want and works without existing merchant payment systems. It’s not clear that NFC is the solution to any current problem, Schiller said. “Passbook does the kinds of things customers need today.”

Akhirnya di Iphone 6 berlayar 5.5″ mendatang dengan IOS8 tentunya, siap menanamkan NFC dan mengandeng UnionPay untuk mobile payment pengguna iDevice nantinya dapat melakukan pembelian di App Store dengan menggunakan fitur NFC, untuk chip NFC-nya saya belum dapat bocoran dari google.

Apple is likely to incorporate a Near Field Communication (NFC) payment function in the next generation iPhone and has reached an agreement with China UnionPay on a mobile payment service, according to a source close to the matter.

Mari kita tilik sedikit apa kah itu NFC.

Saduran dari mbah Wikipedia dengan sedikit ralat “Teknologi Near Field Communication (NFC) dapat membuat

hidup lebih mudah dan nyaman saat melakukan transaksi bagi penggunanya di seluruh dunia, seperti pertukaran konten digital, hanya dengan saling menyentuhkan perangkat yang memiliki teknologi NFC satu dengan yang lain, pengguna juga bisa membeli tiket apapun hanya dengan mengaktifkan NFC pada ponsel. Sebuah teknologi konektivitas berbasis NFC memberikan solusi saat ini dan masa mendatang di bidang-bidang seperti: 1. Akses kontrol 2. Konsumen elektronik 3. Kesehatan 4. Informasi pengumpulan dan pertukaran 5. Pembelian kupon/tiket 6. Pembayaran 7. Transportasi

NFC bisa jadi merupakan pengembangan dari RFID. RFID ini memiliki bentuk dan fungsi yang sama seperti kartu

ATM bedanya adalah kartu RFID tidak perlu digosok (contactless) sehingga kartu RFID tidak perlu dikeluarkan dari dompet dalam proses pembayaran, pengguna cukup mendekatkan dompetnya ke terminal pembayaran atau disebut reader. Di Indonesia, kartu RFID sudah banyak digunakan, contohnya: e-Toll untuk pembayaran otomatis gerbang tol, gelang tiket di taman-taman hiburan. Jadi, apakah kalian sudah menabung dari sekarang?

Baca Juga: