Huawei akan Kunci Bootloader Mate 30 Series

Huawei akan Kunci Bootloader Mate 30 Series

 

Huawei akan Kunci Bootloader Mate 30 Series

Huawei akan Kunci Bootloader Mate 30 Series

Pada tanggal 19 September 2019 lalu Huawei telah meluncurkan duo Mate 30 terbarunya yang disebuat sebagai Mate 30 dan Mate 30 Pro. Meskipun keduanya datang dengan sistem operasi Android, kekurangannya tidak ada dukungan aplikasi Google seperti Play Store.

Ya! Raksasa teknologi asal Cina tersebut tidak bisa memuat aplikasi Google ke dalam Mate 30 dan Mate 30 Pro

karena imbas dari perang dagang yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan Cina. Ini memaksa Google untuk memutuskan hubungan dengan Huawei.

Meskipun Mate 30 dan Mate 30 Pro dikemas dengan beragam fitur yang mengesankan, tidak adanya layanan Google dapat menghambat Huawei untuk memasarkan kedua smartphone tersebut. Ya! Bisa dibilang ini jadi batu sandungan Huawei untuk mengejar para kompetitornya, seperti Samsung dan Apple.

Menanggapai hal itu, CEO Huawei Richard Yu telah mengonfirmasi bahwa Huawei akan membuka kunci bootloader pada Mate 30 dan Mate 30 Pro. Imbasnya, hal ini akan lebih memudahkan pengguna Mate 30 dan Mate 30 Pro untuk menginstal Google Play secara manual dan menginstal custom ROM.

 

Namun, konfirmasi yang diucapkan oleh Richard Yu bertolak belakang dengan seorang juru bicara Huawei.

Berbicara dengan Android Authority, ia mengatakan bahwa Huawei tidak memiliki rencana untuk “membuka kunci bootloader” pada jajaran Mate 30 Series.

Tentu saja, pernyataan yang keluar dari mulut juru bicara Huawei tersebut terdengar mengecewakan. Artinya, pengguna Mate 30 dan Mate 30 pada akhirnya harus “dengan terpaksa” menggunakan aplikasi Huawei AppGallery. Pertanyaannya, apakah konsumen akan tertarik dengan hal itu?

Seperti yang telah disinggung di atas, Mate 30 dan Mate 30 Pro memang menawarkan segudang fitur yang

menggiurkan. Kita bisa lihat bersama, Huawei begitu fokus untuk mengembangkan kedua smartphone ini dengan dukungan kamera yang ciamik. Tidak hanya itu, di dalamnya juga sudah bercokol chipset baru, Kirin 990.

Sumber:

https://s.id/eK9Dn