Cara Berbagi Lokasi Akurat di WhatsApp Agar Tidak Salah Alamat, Perlunya Hentikan Share Loc?

Tidak bisa ditampik bahwa kecanggihan teknologi sering kali memudahkan kehidupan manusia, termasuk dalam urusan mencari dan mengirim lokasi melalui aplikasi Whatsapp. Bahkan, tidak jarang Anda harus berbagi lokasi kepada teman atau saudara Anda ketika hendak menyelenggarakan kegiatan tertentu seperti rapat di luar kantor, buka bersama, pernikahan, ataupun sekadar berkunjung.

Oleh karena itu, untuk memudahkan urusan tersebut dan agar Anda tidak salah alamat ke rumah orang lain, aplikasi WhatsApp hadir dengan fitur untuk berbagai lokasi terkini (live location sharing). Dengan fitur ini, Anda dapat mengabari kolega Anda mengenai posisi teraktual Anda dengan akurasi yang cukup baik.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir kalau fitur ini meretas lokasi privasi Anda. Sebab, fitur ini mengizinkan Anda untuk mengatur durasi pembagian lokasi dan Anda juga dapat menghentikannya kapan saja Anda inginkan. Setelah Anda berhenti berbagi, lokasi Anda akan langsung kedaluwarsa dan orang lain tidak akan tahu lokasi Anda saat ini.

Bagaimana Cara Berbagi Lokasi Terkini?

  1. Aktifkan izin lokasi di WhatsApp. Biasanya Anda dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan -> Aplikasi dan Notifikasi -> Pengaturan Lanjutan -> Lokasi -> klik pada aplikasi WhatsApp. Selain itu, cara sederhana untuk mengaktifkan izin lokasi adalah dengan langsung menyalakan layanan lokasi peta di Google Maps Anda.
  1. Buka chat pribadi atau grup di WhatsApp Anda.
  2. Kemudian, klik “Lampiran” yang disimbolkan dengan klip kertas. Lalu, pilih “Lokasi” dan klik “Bagikan lokasi langsung”.
  3. Setelah itu, pilih durasi Waktu yang Anda inginkan untuk berbagi lokasi terkini. Lokasi Anda langsung akan berhenti dibagikan setelah jangka waktu yang dipilih sudah usai.
  4. Terakhir, tekan “Kirim” pada chat pribadi atau grup.

Bagaimana Cara Berhenti Berbagi Lokasi?

  1. Buka chat pribadi atau grup yang Anda kirimkan lokasi terkini.
  2. Tekan “Berhenti berbagi”

Dengan Anda menekan “Berhenti berbagi”, maka teman Anda tidak akan mengetahui lagi lokasi terkini Anda melalui WhatsApp.