Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 Akan Disiarkan Langsung di TVRI

Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 Akan Disiarkan Langsung di TVRI

Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 Akan Disiarkan Langsung di TVRI

Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menandatangani nota kesepahaman dengan Televisi Republik

Indonesia (TVRI) dalam memproduksi dan menyiarkan malam puncak Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016. Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi berharap, malam puncak AFI 2016 dapat disaksikan dan dinikmati secara lebih luas oleh masyarakat Indonesia melalui siaran langsung di TVRI.
“Tentu dengan penyiaran ini kami berharap AFI menjadi lebih bisa dinikmati secara luas di seluruh  tanah air. AFI ini adalah suatu penghargaan,  kegiatan yang memberikan penghargaan kepada para pecinta film, termasuk komunitas  film yang sangat banyak tersebar di seluruh tanah air dan populasinya cukup besar, terutama di daerah dan kabupaten-kabupaten kecil,” ujar Didik usai penandatanganan nota kesepahaman di Kantor TVRI, Jakarta, (3/10/2016).

Direktur Utama TVRI,  Iskandar Ahmad mengatakan, TVRI menyambut baik kerja sama tersebut,

yaitu untuk memproduksi dan menyiarkan penyelenggaraan Apresiasi Film Indonesia di Manado nanti. “Semoga kami dari TVRI  bisa mengimplementasikan dengan baik. Mudah-mudah kerja sama ini ke depan lebih baik lagi,” katanya.
Hal senada juga diungkapkan Didik Suhardi. Ia berharap ke depannya akan terus dikembangkan kerja sama dengan TVRI dan pihak lain dalam mendukung pengembangan dunia perfilman Indonesia. Didik menuturkan, sebagai media pemerintah, TVRI merupakan salah satu sarana yang perlu dioptimalkan fungsinya, terutama untuk bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Kita perlu tingkatkan kerja samanya sehingga kita bisa menyosialisasikan, mempopulerkan,

mengembangkan termasuk meningkatkan kecerdasan anak-anak kita melalui media televisi,” katanya. Ia juga berharap semoga acara malam puncak AFI 2016 di Manado bisa diselenggarakan dengan sukses.
Malam puncak AFI 2016 akan berlangsung di Manado, pada 8 Oktober 2016. Sebanyak 81 nama masuk dalam nominasi AFI 2016 yang sudah diumumkan pada 23 September 2016 di Manado. Ke-81 nama yang masuk nominasi AFI 2016 tersebut dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Kategori Penghargaan Utama dan Kategori Penghargaan Khusus. Mereka akan memperebutkan 19 penghargaan atau apresiasi dalam AFI 2016